Cari Blog Ini

Rabu, 29 November 2017

MENJADI IBU RUMAH TANGGA AGAR TETAP “WARAS”


Menjadi ibu rumah tangga yang selama 24 jam x 7 hari full berada dirumah, mengurusi kebutuhan suami, anak-anaknya dan keperluan rumah lainnya, tentu saja pernah merasakan bosan dan jenuh. Aku yang baru 2.5 tahun saja sudah merasa super jenuh karena hanya dirumah, apalagi mereka yang sudah bertahun-tahun, nggak bisa dibayangkan ๐Ÿ˜ข

Berbeda dengan ibu pekerja yang setiap hari bisa menghirup udara bebas luar rumah, bertemu dengan teman dan suasana yang berbeda dengan rumah, ibu rumah tangga rentan menderita depresi dan stress apalagi kalau seluruh pekerjaan rumah dikerjakan sendiri tanpa adanya asisten rumah tangga, jadi tidak heran ibu rumah tangga akan terlihat lusuh, tidak segar dan pelupa(nah ini tanda kurang piknik).

Beberapa hari ini ada beberapa sabahat yang berprofesi full IRT, mereka mengungkapkan betapa menjenuhkannya menjalani kehidupan yang sangat berbeda saat mereka belum dan sesudah menikah,  meskipun begitu ada juga moment menjadi IRT juga membahagiakan.

Untuk itu aku ada beberapa tips untuk manteman buibu rumah tangga semua agar tetap “waras” dalan menjalani peran sebagai IRT,

1. ME TIME
Luangkan waktu untuk diri sendiri, tanpa anak tanpa suami minimal seminggu sekali misalnya merawat badan seperti luluran dan maskeran. Syukur-syukur bisa perawatan ke salon atau klinik skincare. Sesekali nggak usah masak buibu, makanlah diluar bersama suami dan anak-anak, berselancar di media sosial, aplikasi market place seperti Shopee, Zalora, Lazada, Tokopedia dll (meskipun hanya liat-liat dan nggak beli hehe), bahkan stalking akun mantan juga bisa menjadi referensi me time yang nggak kalah asyiknya loh buibu.

 


2. LIBURAN / FAMILY TIME
Nah ini tidak kalah penting dari me time, liburan itu ibarat mencharge energi positif. Agendakan liburan bersama keluarga minimal sebulan sekali, datanglah ke pantai, tempat wisata, festival atau sekedar kolam renang dan taman bermain/taman kota. Dengan begitu pikiran yang tadinya semrawut bisa merasa fresh lagi, dan otak pun akan menjadi segar.


3. KOMUNIKASI DAN HANGOUT BARENG TEMAN
Setelah menikah tidak serta merta buibu kehilangan teman, tetaplah berkomunikasi dengan mereka, bisa via aplikasi chat atau sesekali meet up diakhir pekan, saling berbagi kebahagiaan satu sama lain. Kalau perlu rencanakan double date, jadi buibu dan teman buibu bisa mengajak keluarganya (Suami dan anak-anak) masing-masing, dan untuk yang anaknya sudah sekolah, berkumpul dengan ibu-ibu orang tua murid boleh juga, dengan begitu buibu tidak akan merasakan bosan lagi.


4. OLAHRAGA
Supaya badan buibu tetap sehat dan bugar lakukanlah olahraga, misalnya running, aerobik, yoga atau hanya senam lantai. Untuk aerobik, yoga dan senam lantai tidak perlu datang ke sanggar senam/pusat kebugaran jika dirasa nggak ada waktu untuk itu, manfaatkanlah jaringan internet dengan mendownload gerakan-gerakan senam, jadi buibu bisa melakukan olahraga kapanpun buibu sempat. Dengan olahraga aliran darah akan menjadi lancar dan mendatangkan pikiran yang positif serta menimbulkan mood bahagia.


5. MENYALURKAN HOBI
Lakukan suatu hal yang menurut buibu menyenangkan, misalnya nonton drama korea, membaca novel, menulis, searching resep-resep baru dan mempraktekkannya, mendengarkan musik jadul jaman buibu masih remaja, sampai menonton bioskop.


6. NIAT UNTUK IBADAH
Ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling mulia, bagaimana tidak, mengurus keperluan suami, mencerdaskan anak-anak, belum lagi dengan pekerjaan rumah lainnya, yang membutuhkan ekstra tenaga, pikiran serta kesabaran tak berbatas. Seperti ibu kita dulu, sewaktu masih kecil meskipun beliau lelah tetapi sama sekali nggak pernah menunjukkan, tetap setia merawat kita dan ayah kita. Selalu berpositif thinking dengan niat ibadah kepada Allah adalah cara paling ampuh untuk mengusir kejenuhan dan pikiran negatif.

Ada seorang sahabat bilang mempunyai kesempatan merawat dan melihat anak tumbuh besar adalah rezeki luar biasa, karena aku madrasah pertamanya, tempatnya belajar untuk pertama kalinya.


Semoga tips yang aku bagikan bisa bermanfaat untuk manteman buibu semua agar selalu “waras”, jangan mau kalah sama stress, ayo semangat demi Suami dan anak-anak๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™.


Tidak ada komentar:

Pesona Gurun Pasir Telaga Biru di Bintan

Hai manteman, siapa sangka Pulau Bintan, salah satu pulau di Povinsi Kepulauan Riau yang menyimpan sejuta pesona keindahan lautnya...